You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Antisipasi Kebakaran Saat Kemarau, Pengawasan Hutan Kota Ditingkatkan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pengawasan Hutan Kota Ditingkatkan Selama Kemarau

Kemarau panjang yang diprediksi berlangsung hingga Oktober mendatang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran di puluhan hutan kota yang ada di DKI Jakarta. Sebagai antisipasi, pihak Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahan Pangan DKI Jakarta, berencana meningkatkan pengawasan oleh Pekerja Harian Lepas (PHL) dan polisi hutan yang bertugas di setiap hutan kota.

Kita tidak ingin terjadi kebarakan di hutan kota kita akibat kemarau yang berkepanjangan ini. Makanya kita akan tingkatkan pengawasan

Di DKI Jakarta terdapat 26 lokasi hutan kota. Dari jumlah tersebut sebanyak 14 sudah memiliki SK Gubernur, di antaranya, Hutan Kota Penjaringan, Srengsen dan Dukuh. Namun, karena panjangnya kemarau yang berdampak kekeringan dan meningkatnya suhu panas berpotensi menyebabkan kebakaran hutan.

Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, akibat kekeringan yang terjadi, bisa saja dedaunan yang rontok dan berserakan terbakar akibat cuaca panas. Sebab, berdasar informasi yang didapat, peningkatan suhu bisa mencapai lebih dari 34 derajat celcius.

Kemarau, Puluhan Ribu Tanaman Kering Bakal Diganti

"Kita tidak ingin terjadi kebakaran di hutan kota kita akibat kemarau yang berkepanjangan ini. Makanya kita akan tingkatkan pengawasan," ujarnya, Selasa (4/8).

Untuk melakukan pengawasan, Darjamuni mengaku mengandalkan 50 PHL dan 30 polisi hutan yang tersebar di seluruh hutan kota. Untuk petugas, dirinya akan meminta dilakukan pengawasan mobile secara berkala dan perawatan yang intensif terhadap hutan kota.

"Hampir seluruhnya terdampak kemarau ini. Tapi kita terus berupaya merawat, seperti di Srengseng Sawah, kondisinya relatif masih hijau karena kita mengupayakan penyiraman dengan tangki air," katanya.

Ditambahkan Darjamuni, seusai kemarau ini pihaknya akan fokus melakukan perawatan dan penambahan pohon di hutan kota. Direncanakan, pihak Dinas KPKP akan menambahkan pohon untuk meningkatkan kerapatan antar pohon agar hutan lebih teduh.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye975 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing